Sabtu, 09 Mei 2015
Berlangganan

Candi Pawon dan Sejarahnya

Candi Pawon

Candi Pawon terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi yang mempunyai nama lain Candi Brajanalan. Jika anda sudah sampai borobudur jangan langsung pulang, anda bisa ke candi pawon terlebih dahulu karena wisata magelang cukup banyak. Namun jangan kaget ketika sampai disana kok ukuran candi pawon kecil. Iya itu karena pawon atau dapur rata-rata ukurannya kecil, untuk lebih jelasnya baca sejarah candi pawon.

Candi Pawon, Candi Mendut dan Candi Borobudur yang berada pada satu garis lurus mendasari dugaan bahwa ketiga candi Buddha tersebut mempunyai kaitan yang erat.

Lokasi Candi Pawon



Candi Pawon dari Depan

Lokasi Candi Pawon tidak jauh dari candi borobudur, karena berada di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur, tepat berjarak 1750 meter dari Candi Borobudur ke arah timur dan 1150 m dari Candi Mendut ke arah barat.

Sejarah Candi Pawon

Nama Candi Pawon tidak dapat diketahui secara pasti asal-usulnya. Ahli epigrafi J.G. de Casparis menafsirkan bahwa Pawon berasal dari bahasa Jawa awu yang berarti 'abu', mendapat awalan pa- dan akhiran -an yang menunjukkan suatu tempat. Dalam bahasa Jawa sehari-hari kata pawon berarti 'dapur', akan tetapi de Casparis mengartikannya sebagai 'perabuan' atau tempat abu. (Wikipedia)