Kamis, 04 Juni 2015
Berlangganan

Destinasi Wisata Candi di Magelang Jawa Tengah

Bingung nih mau nulis apa. Hmm nulis Cinta (Wisata) Jawa Tengah aja, pasti itu menarik ya.

Destinasi Wisata di Jawa Tengah itu banyak sekali, saya akan coba fokus ke salah satu kota di Jawa Tengah yaitu Magelang, kenapa kok harus Magelang? Karena saya orang Magelang, hehe. Tapi bukan itu intinya, Melainkan Magelang memiliki banyak potensi Wisata yang wajib njenengan (anda) kunjungi.

Destinasi Wisata Magelang itu ada apa aja sih? Banyak lho, Misal : WisataCandi, Wisata Alam, Wisata Keluarga juga ada. Mari kita fokuskan terlebih dahulu tujuan kita ke Wisata Candi di Magelang.

Candi di Magelang yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi buat kita semua, Ya Candi Borobudur yang katanya di bangun sekitar tahun 800 M. Tahukah njenengan bahwa Candi Borobudur seudah di akui UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai komplek stupa terbesar di Dunia.

Candi Borobudur magelang

Candi Borobudur menyimpan banyak cerita terutama dari Relief Candi Borobudur sendiri, kenapa saya bisa tahu? Bukan karena saya orang yang pintar tentang hal tersebut namun dulu sekitar Tahun 2012 saya pernah sowan kerumah Doelkamid Djajaprana atau biasa di sapa Mbah Joyo, bukan karena semata-mata main lho tapi dulu saya kesana untuk menyelesaikan skripsi saya tentang Promosi Online Sanggar Sanjaya, saya dulu kesana untuk membuatkan website Sanggar Sanjaya dan mungkin karena kesibukan Mbah Joyo website tersebut tidak terurus dan sudah kadaluarsa, sayang sekali memang, Ketika disana Mbah Joyo lebih banyak bercerita tentang pengalaman-pengalaman yang beliau miliki terutama tentang Candi salah satunya Candi Borobudur dan Relief-Reliefnya.

Relief Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur memiliki ribuan Relief dan Relief tersebut menceritakan banyak hal tergantung dari tingkatannya. Relief paling bawah atau kaki Candi juga di sebut Kamadhatu memiliki cerita yang mewakili perilaku manusia dan hawa nafsu duniawi. Selanjutnya naik kebadan Candi yaitu Rupadhatu memiliki cerita tentang perilaku manusia yang mulai meninggalkan duniawi, kalau yang saya tangkap intinya manusia yang kembali kejalan yang benar. Hehe

Cerita Candi Borobudur sebenarnya masih banyak namun karena memori ingatan saya tentang cerita Relief Candi Borobudur sudah mulai pudar, mungkin teman-teman bisa langsung menuju ke Candi Borobudur untuk lebih mendalam memahami Relief Candi. Oya sekedar informasi saja ternyata Mbah Joyo atau Doelkamid Djajaprana adalah seorang Maestro Pahat Candi Tingkat Dunia, waktu itu ketika berbincang-bincang, beliau menujuk ke dinding rumahnya sambil tersenyum bilang, “Aku wingi oleh penghargaan”.

Maestro Pahat Candi Tingkat Dunia

Candi Borobudur tidak hanya sekedar tumpukan batu disana kita dapat juga masuk ke Museum Samudra Raksa, Museum ini terletak di Komplek Taman Arkeologi Borobudur. Museum ini berisi Kapal yang bernama Kapal Samudera raksa, dulu seorang mantan Angkatan Laut Inggris bernama Phillipe Beale tertarik dengan salah satu relief di Candi Borobudur yang berbentuk kapal dan ingin membuat Relief tersebut menjadi kenyataan. Untuk detailnya Yuk ke Candi Borobudur untuk melihatnya sekaligus bentuk njenengan Cinta Wisata Jawa Tengah.

Museum Samudra Raksa Borobudur Magelang

Setelah kita puas keliling Candi Borobudur kita bisa melanjutkan ke Candi Pawon yang tidak jauh dari Borobudur kurang lebih 1,5 Km dan waktu perjalanan 5-8 Menit menuju Candi Pawon.
Candi Pawon berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi Pawon sudah tidak asing lagi buat saya karena dekat dengan rumah teman saya ketika saya berkunjung kerumah teman pun saya melewati depan Candi Pawon. Mungkin sebagian dari njenengan bertanya-tanya kenapa kok dikasih nama Pawon, itu ternyata Candi tersebut hanya sebesar Pawon atau Dapur. Candi Pawon memiliki nama lain Candi Brajanalan, waktu saya berkunjung ke Candi Pawon tidak di pungut biaya alias Gratis.

Candi Pawon Borobudur Magelang

Daftar Candi di Magelang

  • Candi Borobudur
  • Candi Mendut
  • Candi Pawon
  • Candi Ngawen
  • Candi Asu
  • Candi Lumbung
  • Candi Pendem
  • Candi Canggal
  • Candi Selogriyo
  • Candi Losari
  • Candi Gunungsari
  • Candi Umbul
Ternyata Magelang memiliki banyak Candi ya. Ini baru Magelang, Bagaimana kalau Jawa Tengah, tentu lebih banyak Candi. Ini bisa menjadi Destinasi Wisata Candi di Jawa Tengah. Yang pasti njenengan semakin Cinta (Wisata) Jawa Tengah dan memiliki Tempat Wisata Favorit di Jawa Tengah.